Menu Restoran Jepang yang Siap Menggoyang Lidah Pecinta Kuliner

Menu Restoran Jepang yang Siap Menggoyang Lidah Pecinta Kuliner

Menu restoran Jepang sudah semakin meramaikan kuliner Tanah Air. Kini tak perlu jauh-jauh ke Negeri Sakura untuk mencicipi kuliner khasnya.

Bukan saja Indonesia, pecinta kuliner dari berbagai belahan dunia juga menyukai tampilan makanan Jepang. Tekstur lembut dan citarasa yang lebih original menjadi daya tarik makanan Jepang digemari orang banyak.

Deretan Menu Restoran Jepang yang Recomended Layak Dicoba

Keunikan kuliner khas Negeri Sakura memang tiada bandingnya di seluruh dunia. Bahkan restoran-restoran di Tanah Air mulai menjadikan masakan Jepang sebagai menu andalannya. Penasaran apa saja sih menu kuliner Jepang yang patut dicoba. Semuanya akan kita kupas tuntas di bawah ini.

Takoyaki

Jepang juga kaya akan kuliner ringan berupa snack yang terdiri dari potongan daging gurita, acar jahe, tempura, dan daun bawang. Rasanya mantap dan selalu menggugah selera karena langsung disajikan saat masak. Tampilannya unik yakni serupa bola yang terbuat dari tepung gandum dan dipanggang menggunakan cetakan.

Sushi

Makanan khas Jepang yang satu ini digandrungi oleh sebagian orang Indonesia. Uniknya, sushi disajikan dalam keadaan rapi terdiri dari kombinasi nasi yang diberi cairan cuka, seafood, sayuran, buah, dan daging.

Masuk sebagai menu restoran Jepang, tampilannya dibuat lebih lengkap lagi setelah ditutup dengan lapisan nori. Merupakan salah satu ikon kuliner Jepang, sushi adalah jenis masakan Jepang yang berbalut nilai-nilai tradisi Jepang.

Tempura

Pasti tidak asing ‘kan dengan kuliner seafood yang satu ini? Tempura merupakan masakan yang terbuat dari sayuran atau seafood berbalut tepung lalu digoreng. Menu restoran Jepang ini lebih nikmat lagi bila dicelupkan ke dalam saus saat hendak disantap.

Bahan yang umumnya dipakai adalah udang, cumi, daun green bell, terong, ubi, kentang, labu jepang, shiso (perilla), wortel, dan jamur.

Mie Ramen

Siapa yang tidak tergugah selera makannya saat mendengar kata mie. Tak jauh berbeda dengan mie-mie kebanyakan, kuliner khas Jepang berupa mie kuah ini disajikan dengan berbagai varian rasa.

Varian rasa tersebut didapatkan sesuai dengan jenis kaldu, bumbu, dan lauk yang dipakai. Menu restoran Jepang di Indonesia menggunakan bahan-bahan produksi lokal supaya menghasilkan cita rasa lokal yang khas dan cocok dengan lidah pribumi.

Teriyaki

Cara pengolahan teriyaki yang dipanaskan atau dipanggang di atas alat pemanggang dari terali besi, membuat kuliner yang satu ini bercita rasa unik. Hal ini karena penggunaan saus teriyaki saat proses pemanggangan berlangsung. Di Indonesia, Anda bisa mendapatkannya melalui supermarket terdekat.

Yakitori

Kuliner khas Jepang yang satu ini hampir serupa dengan sate. Proses pengolahannya adalah memanggang bahan-bahan makanan yang terdiri dari daging ayam, sayuran, ikan laut segar, dan fresh fruit yang ditusuk. Sate daging ayam yang simpel ini hanya membutuhkan sedikit bumbu dan cara pengolahan yang tepat.

Dorayaki

Menu kue tradisional restoran Jepang dengan tampilan pipih bundar dan sedikit tembem memiliki tekstur lembut karena mengandung madu. Kue kesukaan tokoh animasi Doraemon tersebut terdiri dari 2 lembar kue yang disatukan dengan selai kacang merah.

Di toko-toko kue Indonesia, rasa dorayaki sudah disesuaikan dengan selera lokal, seperti dorayaki bercampur coklat dan keju.

Okonomiyaki

Jika tadi dorayaki hadir dengan rasa manis, lain halnya dengan kue Jepang yang memiliki rasa gurih ini. Okonomiyaki terdiri dari sayuran, daging cincang, atau seafood yang dicampur menjadi suatu adonan dan dimasak di atas penggorengan. Dilengkapi dengan lumuran saus khusus dan mayones serta taburan nori dan ikan nore kering atau telur goreng.

Menu restoran Jepang di pasaran kuliner Tanah Air dijual dengan harga relatif terjangkau. Bagaimanapun juga kehadiran makanan khas Jepang telah menyemarakkan kuliner di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.