Tips Memilih Menu di Restoran yang Sehat dan Efisien

Menu di restoran yang beragam terkadang membuat kita bingung memutuskan untuk memesan yang mana. Hendaknya ketahui cara tepat memilihnya. Jika sampai salah pilih, kemungkinan makanan yang tadi dipesan akan terbuang percuma.

Meski sepintas terasa begitu sepele, memilih menu makanan tidak boleh sembarangan. Apalagi isu tentang sampah makanan sedang ramai diperbincangkan di seluruh belahan dunia. Sebagian besar tumpukan sampah di dunia berasal dari limbah makanan yang tidak habis dikonsumsi.

Tips Memilih Menu di Restoran

Berdasarkan fakta di atas, jangan sampai Anda menjadi salah satu penyumbang limbah makanan tersebut. Pemilihan menu makanan yang efisien merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap pengurangan limbah makanan. Berikut adalah tips-tips memilih menu makanan supaya tidak terbuang percuma.

Pilih Menu ala Carte

Menu ala carte adalah susunan daftar menu restoran, dimana setiap menu makanan yang dicantumkan lengkap disertai harganya. Jadi, beban harga yang harus Anda bayar sesuai dengan harga makanan yang dipesan, sehingga cukup memesan satu menu saja.

Memilih menu ala carte sangat tepat saat Anda makan di luar. Saat memilih menu ala carte, usahakan carilah porsi yang pas. Bila merasa porsi yang disediakan terlalu besar, mintalah pada pihak restoran menyajikan setengah porsi saja.  

Pemilihan Appetizer

Pengunjung restoran tak jarang memesan beberapa appetizer sebelum bersantap menu utama. Menikmati 1 atau 2 jenis appetizer ringan sambil menunggu menu utama datang diantar boleh saja, sih.

Namun, apabila porsi makanan utama dirasa sudah cukup mengenyangkan, sebaiknya jangan memesan appetizer. Dikhawatirkan konsumsi appetizer saja sudah membuat Anda kenyang sebelum menu utama datang.

Makanan pembuka pada menu di restoran seperti salad dan sup jauh lebih sehat dibanding fast atau junk food lainnya. Konsumsi sup atau salad mampu menurunkan kalori dalam tubuh hingga 20%.

Makanan Pokok

Anda juga harus memperhatikan makanan pokok yang disediakan, seperti nasi atau kentang. Apabila khawatir tidak mampu menghabiskannya, mintalah setengah porsi saja.

Namun, disesuaikan juga dengan jenis makanan yang Anda pesan. Hal ini untuk mencegah makanan terbuang begitu saja karena tidak sesuai dengan menu yang dipesan.

Minuman

Apabila makanan utama yang Anda pesan sudah cukup besar, sebaiknya hindari memilih minuman seperti jus buah, minuman dengan campuran susu, atau smoothies.

Minuman tersebut akan membuat Anda cepat kenyang. Selain itu kandungan kalori pada minuman ini juga cukup tinggi. Sebaiknya pesan saja satu gelas air putih atau teh tawar.

Kenali Menunya

Mengenali menu-menu di restoran yang disajikan merupakan hal yang tak kalah penting. Hal ini bertujuan agar kita hanya memilih menu makanan sehat dan bergizi bagi tubuh. Lakukan review perihal restoran yang hendak Anda kunjungi.

Makan dengan Sadar

Bersantap makanan dengan penuh kesadaran membuat Anda memiliki perhatian terhadap setiap sendok makanan yang dimasukkan ke mulut. Hal ini membuat Anda lebih menikmatinya dan membantu kontrol diri saat menyantapnya.

Saus Diletakkan Terpisah

Tak jarang beberapa menu makanan harus menghadirkan saus sebagai menu pelengkapnya. Bahkan saus tersebut dituangkan langsung ke dalam hidangan. Padahal belum tentu takaran saus tersebut dalam jumlah berlebih dan menyebabkan Anda kurang nyaman menyantapnya.

Sebaiknya mintalah pada pihak restoran untuk meletakkan saus secara terpisah saja, mengingat fungsi saus hanyalah sebagai pelengkap rasa. Lagipula konsumsi saus terlalu banyak akan meningkatkan kalori dan lemak di tubuh.

Memilih menu di restoran yang baik adalah tetap mengontrol porsi makanan yang hendak dicerna oleh tubuh. Orang yang tidak peduli pada kesehatannya adalah orang-orang yang tidak memperhatikan porsi makanan yang hendak dikonsumsinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.